PERSIK.ID – Mantan wasit nasional Purwanto membekali penggawa Persik Kediri dengan laws of the game (aturan-aturan permainan) sepak bola, Sabtu lalu (13/11). Tujuannya adalah agar pemain memahami aturan permainan dan bisa melayangkan protes ke wasit dengan benar.

Kegiatan yang dilakukan di Kantor Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Kediri itu berlangsung sekitar dua jam. Banyak pemain Persik yang aktif menanyakan aturan permainan dan perkembangan regulasi kepada Purwanto. Di antaranya mengenai aturan hands ball, tendangan bebas, tendangan penalti, tendangan gawang, hukuman kepada pemain dan aturan-aturan lain.

Purwanto mengatakan, pemain boleh melakukan protes kepada wasit untuk menanyakan keputusan. Tapi, protes harus tetap disampaikan dengan sopan. “Justru dengan menyampaikan dengan sopan, wasit akan segan dan bisa mempertimbangkan keputusannya. Karena itulah, setiap pemain harus memahami aturan permainan,” katanya.

Tanpa pemahaman aturan permainan, menurut Purwanto, pemain kesulitan bertanya kepada wasit. Karena itulah, yang terjadi malah protes disampaikan secara emosional. “Semakin emosi yang dirugikan adalah tim,” ungkap pria asal Desa Damarwulan, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri ini.

Tidak hanya pemain. Menurut Purwanto, staf kepelatihan dan manajemen juga perlu memahami aturan permainan sepak bola. Sehingga mereka tahu apa yang harus dilakukan ketika wasit memberikan keputusan di lapangan.

Manajemen Tim Persik Kediri Yahya Hasan Alkatiri mengatakan, penunjukan Purwanto sebagai narasumber aturan permainan sepak bola karena kapasitas dan integritasnya. Purwanto tidak hanya dikenal tegas di lapangan tetapi juga memahami A-Z aturan sepak bola. “Kami berharap transfer ilmu tersebut bisa diterapkan di lapangan,” katanya. (*)

editor persik
November 14, 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *